Saturday, June 19, 2010

Menyimpan Custom Size Paper

Akhir pekan ini saya habiskan dengan menginstal OS baru pada hardisk yang saya beli waktu pameran kemarin.
Maklum, kemarin banyak tugas dari sekolah jadi saya belum ada waktu untuk menginstal apa - apa pada hardisk baru saya. Setelah beberapa jam akhirnya dengan sukses hardisk saya berhasil saya instal OS baru dan beberapa aplikasi yang dibutuhkan,walaupun aplikasinya tidak semuanya asli (tahu sendirilah apa maksudnya).
Namun, ada sedikit yang kurang pada OS baru saya ini. Pengaturan kertas pada OS
saya yang baru tidak ada ukuran F4 padahal pada OS saya yang lama terdapat format F4. Saya coba atur lewat custom size printer namun saya belum menemukan cara agar dapat saling berbagi ukuran kertas. Masalah sepele ini menimbulkan masalah baru, setiap akan mencetak sebuah dokumen saya harus mengatur dulu ukuran kertas pada ukuran F4 (215 mm x 330 mm) padahal saya menggunakan aplikasi yang berbeda beda untuk membuat setiap dokumen. Akhirnya saya menemukan caranya setelah mencari- cari informasi dari dalam OS. Ternyata sangat mudah dan saya dibuat mendongkol karena ternyata sesimpel itu.Oh ya, saya menggunakan OS Windows XP.
Berikut merupakan caranya jika teman - teman ingin tahu :
1. Masuk ke dalam Setting Printer anda Faxes.
     (cara masuknya yaitu klik start >> control panel >> printer and other hardware >> printer and faxes)
2. Pilih menu file >> server properties
3. Pada tab form aturlah ukuran dan nama kertas yang teman - teman inginkan.
Contoh ukuran saya F4 (215 mm x 330 mm) dapat terlihat pada gambar di bawah.
4. Setelah selesai mengatur settingan kertas klik save form.
5. Ukuran kertas dapat digunakan pada berbagai aplikasi yang teman - teman gunakan.

Padahal sepele, tetapi tidak tahu...  =_="
Semoga Bermanfaat....


No comments:

Post a Comment