Wednesday, June 2, 2010

Repair Flash Disk

Beberapa waktu yang lalu flash disk saya banyak yang udah di "pensiunkan" karena dah error...
lalu iseng2 saya browsing cara memperbaiki flash disk, mungkin masih bisa diperbaiki.
Eh, ga nyangka ternyata flash disk saya yang dah setahun di laci saya pensiunkan ternyata masih bisa diperbaiki. Flash disk saya pada waktu itu error gara2 minta format setiap kali flash disk dicolok ke komputer. Kalau tidak salah error ini terjadi karena kebanyakan memformat flash disk dan ada juga karena masalah listrik. Tapi sekarang flash disk saya sudah kembali ke sedia kala. Walaupun data di dalamnya
tidak bisa diselamatkan , tapi gpplah yang penting flash disk saya selamat. He he he..
Bagi teman - teman yang juga pengen memperbaiki flash disk berikut langkah - langkahnya...
1. Download aplikasi HP drive boot utility dari HP. Aplikasi dapat di download di sini.
Aplikasi ini adalah aplikasi untuk hardware HP tapi jangan khawatir aplikasi ini dapat juga untuk drive merk lain.
2. Masukkan flash disk teman - teman yang error.
3. Jalankan aplikasi HP drive boot utility.
    maka akan muncul tampilan windows sebagai berikut.


4. Pilih direktory flash disk teman - teman yang akan diperbaiki.
     punya saya di drive J . klik next

5. Pilih Create New or Replace Existing Configuration.

6.Klik Next, dan akan muncul tampilan windows sepertidi bawah.

 7. Pilih Hard Drive, klik next dan muncul tampilan window seperti di bawah.

8. Pilih Create new File System, klik next

9. Pilih HP Firmware Package, klik next.
10. Proses penggunaan aplikasi selesai, klik finish.
11. Langkah selanjutnya adalah dengan memformat flash disk kita yang telah menjadi removable disk yang berisi berbagai file system buatan aplikasi tadi.Apabila tidak dilakukan format dan langsung dicabut flash disk akan tetap meminta format seperti di awal.

12. Cara untuk memformat adalah dengan klik kanan flash disk kita dan pilih format, klik start.

13. Tunggu beberapa saat, dan flash disk siap digunakan kembali untuk menyimpan data.

Selamat mencoba..


Sumber : nsharp.org

No comments:

Post a Comment